Analisis Mitos dan Pengalaman Estetis

 


Video Wonderland Indonesia ini merupakan karya Alffy Rev yang berkolaborasi dengan penyanyi Novia Bachmid. Video musik Wonderland Indonesia ini mengangkat beragam kebudayaan daerah Indonesia dengan diiringi lagu-lagu daerah yang dipadu dengan musik EDM. 
Mitos yang ingin ditampilkan pada video musik ini menurut saya ialah keindahan yang dimiliki negara Indonesia yang berupa keberagaman suku dan budaya. Dan video itu seolah menunjukkan kebanggaan akan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki Indonesia, dari orang-orang yang terlibat dalam pembuatan video tersebut. Sehingga dari video tersebut penonton seakan dibangkitkan rasa cinta terhadap tanah air.
Jika dilihat dari banyaknya rumah adat, pakaian adat, kesenian daerah, hingga makanan tradisional, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya. Terlebih setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing.
Berhubungan dengan pengalaman estetis saya, video musik Wonderland Indonesia ini mengingatkan kembali akan lingkungan saya yang berasal dari berbagai suku. Diantaranya ada teman saya yang berasal dari suku Jawa dan Batak, lalu ada sepupu saya yang berasal dari suku Bali, dan suku Sunda. Meski berbeda suku, kami tetap menjalin hubungan tanpa membeda-bedakan. Dengan keberagaman suku ini juga saya belajar tentang suku lain yang diperkenalkan orang-orang di sekitar saya.
Perbedaan suku dan budaya yang ada di lingkungan saya terus mengejutkan saya akan banyaknya budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Dan menurut saya sikap toleransi yang muncul dari kesadaran akan keberagaman suku yang dimiliki bangsa Indonesia ini menjadi wujud nyata akan indahnya persatuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Semiotika dalam Keseharian

Mengidentifikasi Mitos, Metafora, dan Metonimi pada Poster Cornetto Oreo